Begini Rasa Berkendara Yamaha R15M, Sport Fairing 150cc Paling Canggih!

Begini Rasa Berkendara Yamaha R15M,
Sport Fairing 150cc Paling Canggih!

Yamaha R15M


BeritaEmas168.com
- Menjadi motor sport fairing 150cc termahal di pasaran saat ini, berikut spesifikasi lengkap Yamaha R15M Connected-ABS.

Sudah pasti banyak yang penasaran dengan motor satu ini, terutama performa yang bisa diraih jika dibandingkan dengan R15 generasi sebelumnya.

Salah satu perbedaan generasi terbaru dengan yang lama ialah top speed. Top speed R15M bisa meraih hingga 148 km/jam, lebih kencang dari V4 standar yang cuma tembus hingga 143 km/jam.

Yamaha All New R15M Connected-ABS Sendiri dijual dengan harga OTR Jakarta 43,5 juta dengan warna Icon Performance dan 44,1 juta untuk warna World Grand Prix 60th Anniversary.

Performa

Setelah dilakukan dynotest untuk Yamaha R15M dengan 6 kali run, tenaga yang didapat oleh motor ini bisa mencapai 15,67 dk di 10.010 rpm dan 12,32 Nm di 7.250 rpm.

Dari hasil itu, ternyata performa mesin R15M lebih rendang dibandingkan dengan
R15 V3 2017, yang mana di alat dynotest yang sama dapat tenaga maksimal 16,33 dk di 10.100 rpm dan torsi maksimal 12,58 Nm di 7.350 rpm.

Untuk kecepatan 0-60km/jam, R15M butuh waktu sebanyak 4,3 detik. Sedangkan R15 2017 hanya membutuhkan waktu 4 detik. Kemudian 0-100 km/jam R15M perlu waktu 11,7 detik, dan R15 2017 hanya membutuhkan waktu 10,4 detik.

Meski ada penurunan pada segi performa, tetapi untuk dipakai harian motor ini hampir tidak terasa perbedaannya, karakter mesinnya tetap khas R15. Yang mana mempunyai torsi besar sejak putaran rendah dan kenaikan tenaga yang naik dengan stabil.

Untuk harian tidak perlu buka gas dalam-dalam, dan ketika ingin menyalip kendaraan yang berada di depan tinggal di gas dengan cara perlahan.

Tenaga dan torsi di R15M akan keluar secara spontan tanpa perlu jeda, bisa dibilang keduanya selalu tersedia kapan saja ketika kita membutuhkan.

Karakter mesin khas genersi VIXION juga masih terbawa sampai R15M, seperti misalnya suara gretek ketika melakukan akselerasi.

Lalu ada vibrasi ringan di putaran tinggi mulai di 7.000 rpm serta proses pindah giginya yang empuk,mudah dan tidak gampang nyangkut.

Komsumsi Bensin

Dengan karakter mesin seperti ini, membuat R15M bisa terbilang irit dalam bahan bakar ketika dipakai harian walaupun dengan keadaan macet.

R15M mendapatkan angka 44,5km/liter dengan kondisi jalan yang padat merayap sejauh 400km, mulai dari kondisi jalan santai sampai kebut-kebutan.

Riding Position

Posisi berkendara R15M sangat identik dengan R15 2017 yang rasanya seperti menaiki sebuah motor supersport kecil, mempunyai stang rendah dan pijakan kaki yang lumayan tinggi.

Membuat badan pengendara dipaksa menunduk dan menekuk kaki, tentu saja kesannya sangat sporty seperti pembalap yang sedang berpacu di lintasan balap.

Untuk penggunaan harian efeknya sangat membuat telapak tangan dan pinggang pegal. Terutama ketika pemakaian awal dan badan masih proses beradaptasi.

Dengan posisi berkendara seperti ini, motor ini lebih cocok dipakai di sirkuit dan cocok untuk kalangan muda yang tidak mementingkan riding position yang menunduk seperti Yamaha R15M.

Yamaha R15M memiliki jok yang lumayan tinggi, yaitu 815 mm. Namun sangat terasa lebih empuk dibandinkan dengan R15 V3 yang lama walaupun memiliki busa yang tebalnya sama.

Untuk bagian area tangki Yamaha R15M ini dibentuk lebih ramping untuk membuat design aerodinamis ketika sedang di kecepatan tinggi dan untuk cornering.

Fitur & Teknologi

Terdapat beberapa fitur dan teknologi  mirip dengan moge yang diterapkan pada Yamaha R15M, yang pertama yang disematkan salah satunya adalah Quick Shifter (QS)

Dalam penggunaan harian seperti saat kecepatan rendah, walauapun lambang QS sudah menyala, tetapi proses perpindahan gigi masih tetap terasa tidak terlalu halus.

Tetapi jika sudah di kecepatan sekitar 50 km/jam, putaran mesin juga sudah lebih dari
7.000 rpm, proses perpindahan gigi sudah berjalan dengan halus yang dibantu dengan
Quick Shifter (QS).

Selain fitur Quick Shifter, motor ini juga dibekali dengan fitur Assist & Slipper Clutch yang bikin tuasnya sangat ringan. Hal ini membuat motor ini sangat enak dipakai walaupun sedang dalam keadaan macet total.

Bagian panel instrumen juga sudah yang paling baru dengan tampilan mirip dengan mogenya yaitu Yamaha R1. Tentunya instrumen ini membuat Yamaha R15M ini terkesan lebih sporty dan mewah.






Iklan ada di sini

Komentar